Bentuk Air Mata Karena Respon Emosional

Inilah Bentuk Air Mata yang Diabadikan dengan Kamera Mikroskopis

Apakah kamu pernah menangis? Tentu saja setiap orang yang lahir di dunia ini pernah menangis setidaknya di masa anak-anak. Ternyata menangis atau proses keluarnya air mata merupakan suatu hal alamiah bagi manusia. Air mata yang dikeluarkan setiap orang juga memiliki jenis yang berbeda, misalnya air mata basal, air mata refleks dan air mata karena respon emosional.

Tetapi apakah kamu bentuk dari air mata kamu bila dilihat dengan menggunakan mikroskop? Walaupun secara kasat mata bentuk dari air mata sama, tetapi ketika diperbesar dengan kaca optik, air mata memiliki bentuk yang berbeda-beda. Hal itu dipengaruhi oleh penyebab dari keluarnya air mata tersebut.

Dalam ilmu pengetahuan dijelaskan bahwa setiap air mata memiliki kandungan zat dan komposisi yang berbeda-beda. Tetapi setiap air mata mata biasanya mengandung zat biologis termasuk minyak, enzim, antibodi yang tersuspensi dengan air garam.

Maurice Mikkers melakukan penelitian yang unik terkait air mata, dia membuat foto mikroskopis air mata yang telah mengkristal. Mau tahu hasilnya seperti apa? Yuk, lihat gambar-gambar di bawah ini.

 

Air Mata Bawang Putih

Gambar Air Mata Karena Memotong Bawang
jalantikus.com
Air Mata Karena Memotong Bawang Putih
jalantikus.com

Metode yang digunakan untuk melakukan uji air mata ini cukup sederhana. Maurice meminta audiensnya untuk memilih salah satu cara untuk menangis secara sukarela seperti memotong cabai, melihat kipas, serta menangis karena kesedihan atau kebahagiaan. Kemudian air mata tersebut di lihat di bawah mikroskop.

Gambar air mata di atas adalah salah satu hasil air mata yang dihasilkan karena mengiris bawang merah dan bawang putih. Bagaimana polanya indah bukan?

Bentuk Air Mata Karena Respon Emosional

Air Mata Karena Bahagia
jalantikus.com
Bentuk Air Mata Karena Respon Emosional
jalantikus.com

Berbeda dengan gambar di awal gambar air mata ini dihasilkan karena adanya proses emosional. Setiap proses emosional menghasilkan pola yang berbeda-beda. Proses emosional itu seperti menangis karena bahagia, menangis karena sedih ataupun menangis karena terharu.

Bentuk air mata karena emosional lebih bervariasi, mungkin karena adanya faktor energi yang dikeluarkan manusia. Bila manusia menangis bahagia akan membentuk pola yang indah dan bersusun rapi. Tetapi bila menangis karena kesedihan maka pola yang dibentuk tidak terlihat baik. Oleh karena itu pandai-pandailah dalam menjaga emosi kamu.

Air Mata Karena Memotong Bawang dan Makan Cabe

Air Mata Karena Memotong Bawang dan Makan Cabe
jalantikus.com

Kalau yang biasa di dapur pasti sudah sering mengalami keluar air mata karena memotong bawang merah atau bawang putih. Tetapi air mata yang dibuat contoh penelitian ini berasal dari orang yang mengeluarkan air mata karena mengiris bawang dan makan cabai. Hasilnya bisa kamu lihat pada gambar di atas, sebuah pola unik yang menyebar dan masih tetap menyatu.

Gambar Air Mata Karena Kipas Angin

Gambar Air Mata Karena Kipas Angin
jalantikus.com

Pola air mata ini diambil dari orang yang menetaskan air matanya karena kipas angin. Bentuk selnya terpecah dan membentuk suatu pola unik. Setiap sel yang terpecah membentuk kelompok tersendiri.

Gambar Air Mata Karena Makan Cabai

Gambar Air Mata Karena Makan Cabai
jalantikus.com

Biasanya bila makan sesuatu yang sangat pedas, secara otomatis tubuh akan merespon dengan mengeluarkan air mata. Nah bila dilihat menggunakan mikroskop ini bentuk dari air mata tersebut. Bentuk polanya cenderung berantakan dan menghasilkan tampilan yang buruk.

Gambar Air Mata Karena Terkena Menthol Oil

Gambar Air Mata Karena Meneteskan Menthol Oil
jalantikus.com

Satu bentuk yang unik ini dihasilkan oleh air mata yang keluar karena terkena menthol oil. Pola yang dibentuk memiliki tampilan yang unik seperti daun-daun yang berguguran di musim kemarau.

Leave a Comment