8 Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Sebelum melakukan shalat, sebagai seorang muslim kamu harus melakukan wudhu terlebih dahulu. Tidak akan sah sholat seseorang jika tidak wudhu terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan wudhu dengan menggunakan air atau debu. Namun, pada artikel kali ini kita akan berbagi info tentang manfaat wudhu bagi kesehatan, tentu saja wudhunya menggunakan air.

Dari hasil berbagai penelitian yang dilakukan diberbagai belahan dunia, ternyata banyak sekali manfaat yang dilakukan ketika seseorang melakukan wudhu. Mulai dari membasuh tangan hingga membasuhh kaki. Berikut penjelasan mengenai manfaat wudhu bagi kesehatan.

 

Membasuh Kedua Telapak Tangan

flick.com
flick.com

Pada telapak tangan terdapat banyak sekali vena, serabut saraf dan getah bening. Dengan melakukan getakan menggosokkan sela-sela jari di kedua telapak tangan, maka hal itu akan memperlancar aliran darah dan akan menghilangkan kotoran-kotoran di permukaan kulit telapak tangan.

Berkumur-kumur

flickr.com
flickr.com

Berkumur secara rutin juga bisa membersihkan rongga mulut serta sela-sela gigi dari berbagai sisa makanan, mengurangi bau mulut dan menyehatkan mulut. Selain itu, dengan berkumur dengan cara menggerakkan otot wajah bisa menimbulkan ketenangan jiwa.

Membersihkan Hidung (Istinsyaq)

Manfaat Wudhu
kerinci.kemenag.go.id

Istinsyaq adalah menghirup air kedalam lubang hidung kemudia mengeluarkannya kembali. Hal ini bisa membersihkan rongga hidung dari kotoran yang ada. Hidung adalah tempat yang rawan bagi tumbuh berkembangnya bakteri dan mikroba. Seseorang yang selalu wudhu secara benar dan rutin otomatis juga menjaga kebersihan hidungnya dari bakteri, kuman dan udara kotor.

Membasuh Wajah

membasuh muka
google.com

Make up terbaik bagi siapapun adalah dengan berwudhu. Jika kamu sering berwudhu, maka itu akan membuat wajahmu menjadi lebih sehat, bersih, tidak kusam dan enak dipandang. Selain itu dengan sering berwudhu membuat wajah kita lebih segar dan kotoran yang menembal pada wajah seperti bakteri dan debu dapat hilang dengan berwudhu.

Membasuh Kedua Tangan Sampai Siku

google.co.id
google.co.id

Tangan merupakan salah satu bagian anggota tubuh manusia yang ideal untuk tumbuh dan berkembangnya bakteri. Jika kamu berwudhu dan rajin mencuci kedua tangan dengan benar sampai ujung siku, hal ini bisa merontokkan mikroba, menghilangkan debu yang menempel pada kulit, serta bisa menyegarkan kulit dan mengurangi keringat pada tangan.

Mengusap Rambut

google.com
google.com

Dengan mengusap rambut dengan benar, kamu bisa menghilangkan kotoran yang ada pada area itu. Selain itu, usapan air wudhu pada bagian rambut dan kepala terbukti bisa hipertensi dan sakit kepala.

Mengusap Kedua Daun Telinga

google.com
google.com

Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang rawan terkena debu dan kotoran. Ketika sering membersihkan telinga, maka hal itu akan membuat telinga bebas dari kotoran dan kuman akibat debu serta mikroba di sekitar telinga.

Membasuh Kedua Kaki

google.com
google.com

Gerakan terakhir dalam berwudhu adalah membasuh kedua kaki. Saat tangan memijat bawah telapak kaki sambil membersihkannya, gerakan itu bisa melancarkan peredaran darah ternyata, sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu, gerakan membasuk kedua kaki juga bisa melemaskan otot-otot kaki yang tegang sehingga menjadi lebih rileks, menghilangkan kuman dan kotoran, serta kaki bisa terbebas dari jamur penyebab bau kaki.

Leave a Comment