Daun Seledri

8 Manfaat Positif yang Dimiliki Oleh Daun Seledri

Seledri, seperti kebanyakan sayuran berdaun hijau lainnya, selalu baik bagi kesehatan. Mulai dari daun, batang hingga akarnya, seledri memiliki banyak manfaat positif untuk tubuh. Bagi kebanyakan ibu rumah tangga, seledri sudah menjadi sahabat dalam memasak, terutama daunnya biasa untuk penyedap sayur sop. Bahkan sebagian orang menyebut daun seledri dengan sebutan daun sop.

 

Mengandung Multivitamin

Manfaat Daun Seledri yaitu mengandung multivitamin
dreamstime.com

Daun seledri mengandung multivitamin, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Dengan banyaknya vitamin yang dikandung daun seledri, sudah pasti sangat bermanfaat bagi kesehatan sebagai antioksidan yang dapat menambah kekebalan tubuh. Daun seledri banyak mengandung vitamin A, sehingga bagus untuk kesehatan mata.

Kandungan Kalsium Tinggi

Manfaat Positif Daun Seledri Mengandung Kalsium
liputnews.com

Tidak hanya multivitamin, daun seledri juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Kalsium tentunya sangat dibutuhkan tubuh, terutama tulang. Sehingga dapat mencegah osteoporosis. Kalsium yang terkandung dalam seledri juga bagus untuk pembentukan dan memperkuat gigi.

80% Kandungan Utuh Setelah Dimasak

80% Kandungan Daun Seledri
reckonergroup.com

Biasanya sayuran yang dimasak akan kehilangan vitamin dan kandungan lainnya. Namun daun seledri kandungannya tetap utuh sebesar 80% walaupun telah dimasak. Sehingga tubuh kita tetap dapat menyerap kandungan yang ada di daun seledri.

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat Positif Daun Seledri Aliran Darah Lancar
dokter-ali.blogspot.com

Kandungan yang terdapat di daun seledri dapat melancarkan aliran darah. Dengan lancarnya aliran darah dalam tubuh, tentu suplai oksigen dan sari-sari makanan ke otak dan tubuh lainnya akan terpenuhi. Sehingga membantu melindungi otak dan sistem syaraf.

Selain melancarkan aliran darah, daun seledri juga dapat mengatasi anemia, menurunkan tekanan darah dan menjaga ginjal agar tetap bekerja dengan baik.

Mengobati Berbagai Penyakit

Stetoskop Dokter
peoplethink.biz

Manfaat positif yang terkandung dalam daun seledri lainnya yaitu dapat mengobati dari berbagai penyakit. Daun seledri dipercaya dapat menjadi obat bagi penderita asma, diabetes, reumatik. Selain itu, daun seledri juga dapat menetralkan asam dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat.

Selain mengobati, daun seledri juga dapat mencegah beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. Karena dalam daun seledri mengandung folat yang berfungsi mengubah asam amino menjadi molekul sederhana.

Membantu Menurunkan Berat Badan (Diet)

Timbangan Mengukur Berat Badan
cbsnews.com

Dengan mengkonsumsi daun seledri akan mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis dan makanan lainnya yang dapat menambah berat badan. Jadi bagi kamu yang sedang diet, maka rutinlah mengkonsumsi daun seledri.

Untuk Kecantikan dan Penyubur Rambut

Kerutan Wajah Akibat Faktor Usia
eljohn.media

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, daun seledri juga bermanfaat bagi kecantikan. Daun seledri dapat mencegah terjadinya kerutan pada wajah atau dalam bahasa kekiniannya memperlambat penuaan dini. Tentunya ini yang dicari terutama oleh kaum hawa. Caranya dapat dengan mengkonsumsinya langsung sebagai sayuran dan bisa juga digunakan sebagai masker. Daun seledri juga dapat menyehatkan dan menyuburkan rambut. Jadi buat kamu yang menginginkan rambut yang lebat dan sehat, cukup menggosokan daun seledri yang telah ditumbuk halus ke rambut kamu.

Penyedap Rasa dan Pelengkap Makanan

Sayur Sop dan Daun Seledri
cara.media

Bagi ibu-ibu rumah tangga, daun seledri sudah menjadi sahabatnya ketika memasak. Biasanya daun seledri dijadikan penyedap rasa pada makanan yang berkuah. Misalnya sayur sop, bakso dan lainnya. Dapat pula dijadikan pelengkap makanan seperti perkedel jagung, perkedel kentang, nugget dan lainnya. Daun seledri juga dapat dijadikan sebagai salad. Biasanya disajikan dengan batangnya.

Leave a Comment