ec.europa.eu

7 Website Terbaik Buat Kamu Belajar Sesuatu yang Baru, Apapun Saja, Gratis

Dalam era teknologi dan informatika, semua ilmu tersebar begitu luasnya lewat internet. Bahkan bisa dikatakan bahwa kamu tidak perlu lagi melakukan pendidikan formal untuk mempelajari apapun.

Nah, beberapa web di bawah ini bisa membawa kamu mempelajari apapun saja secara gratis. Kamu bis amengatur sendiri kapan waktu belajar kamu dan kamu bisa mempraktikkan langsung ilmu yang kamu dapat.

Tanpa biaya, gratis, bagaimana? Menarik bukan?

Mengusai Bahasa Lewat Duolingo

en.duolingo.com

Nah, karena mayoritas web di bawah ini menggunakan bahasa Inggris, kamu mungkin perlu menguasai bahasa asing yang satu ini. Duolingo adalah tempat yang sangat tepat.

Di Duolingo kamu bisa mempelajari banyak bahasa, mulai dari bahasa Inggris hingga bahasa Perancis, mulai dari bahasa Jepang hingga bahasa Korea. Lebih dari 20 bahasa internasional yang bisa kamu pelajari.

Tentu saja yang lebih menyenangkan adalah kamu dapat belajar bahasa langsung secara speaking, writing, listening dan reading langsung dari smartphone android yang kamu miliki.

Kuliah di Universitas Terkenal Lewat edX

edx.org

Edx adalah sebuah organisasi non-profit yang didirikan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University pada tahun 2012. Fokus organisasi ini adalah semacam menyelenggarakan kuliah secara online.

Hingga tahun 2014 lebih dari 4 juta pelajar yang mengambil kursus sebanyak 500 lebih secara online. Kamu dapat belajar secara rutin dan di akhir masa belajar kamu akan diuji dan mendapatkan sertifikat atau semacam ijazah jika memang layak.

Kursus Online di Coursera

coursera.org

Sistem yang ada di Coursera juga hampir sama dengan edX. Beberapa universitas yang bekerja sama dengan Coursera adalah University of California, Duke University, Stanford, Princeron, Michigan dan University of Pennnsylvania.

Coursera pertama kali didirikan oleh dua profesor ilmu komputer bernama Andrew Ng dan Daphne Koller dari Stanford University. Terhitung pada tahun 2016 web ini menyelenggarakan 1.563 kursus dari 140 universitas di 28 negara.

Belajar Pengembangan Web di Codecademy

codecademy.com

Nah, kalau kamu ingin mempelajari bahasa pemrograman atau melakukan pengembangan blog atau web, Codecademy adalah sarana yang tepat. Kamu bisa mempelajari 9 bahasa pemrograman yang berbeda disini.

Mulai dari bahasa pemrograman Phython, Java, PHP, JavaScript (jQuery, AngularJS), Ruby, CSS dan HTML. Ide Codecademy ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014 oleh Zach Sims dan Ryan Bubinski.

“How To” Apapun Saja di Guides.co

guides.co

Kamu bingung melakukan teknis banyak hal sehari hari? Lewat web ini kamu akan mencapatkan panduan, tutorial, step by step dari awal sampai akhir. Dan tentu saja semua konten how to yang ada di web ini 100% gratis.

Terdapat lebih dari 100.000 komunitas yang telah aktif lewat web ini. Lebih dari itu, kamu bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun pada saat darurat apapun. jadi, tutorial tentang apa yang kamu butuhkan?

Menjadi Musisi Lewat Yousician

get.yousician.com

Yousician awalnya dalah sebuah permainan digital yang berkantor di Helsilki, Finlandia. Namun, seiring perkembangannya, web Yousician menjadi sarana kursus musik, terutama alat musik piano dan gitar.

Kamu bisa memainkan gitar dan piano langsung menggunakan keyboard komputer atau laptop kamu. Jika telah mengerti dasarnya, kamu bisa mempraktikkannya langsung dengan alat musik milik kamu sendiri.

Chesscademy, Menjadi Grand Master Catur

chesscademy.com

Kalau kamu ingin balajar permainan papan yang paling populer di dunia, akseslah Chesscademy. Pengguna yang berasal dari 190 negara lebih telah bergabung dalam web ini dan tercatat 40 juta langkah pada permainan catur telah dilakukan.

Jadi, bagaimana? Kamu sudah menentukan akan belajar tentang apa hari ini?

Leave a Comment