7 Tips Supaya Aman dari Sakit Gigi

Gigi penting bagi kita untuk mengunyah makanan. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak susah, tetapi seringkali kita melakukannya tidak maksimal karena cara-cara tersebut terkesan sepele.

Kita baru akan mengeluh ketika sakit gigi datang. Ada yang bilang sakit gigi jauh lebih sakit daripada sakit hati. nah, agar aman dari sakit gigi lakukan tips-tips berikut ini.

 

Hindari sejauh mungkin makanan yang memiliki kadar gula tinggi

Makanan yang mengandung gula.
meltyfood.fr

Permen atau makanan bertepung adalah contoh makanan bergula. Juga hindari kue-kue manis seperti donat. Sisa-sisa makanan tersebut akan melekat pada gigi sehingga mengikis kesehatan gigimu.

Banyak makan buah dan sayuran

Buah-buahan dan Sayuran
jamu.com.vn

Apel, wortel, dan seledri baik untuk kesehatan gigi. Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, stroberi dan buah kiwi membantu memperkuat gusi. Sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel, brokoli dan labu membantu pembentukan lapisan email gigi. Perbanyak makanan-makanan tersebut untuk menjaga kesehatan gigi.

Konsumsi susu dan produk olahan susu

Susu dan produk olahannya
foodsafetyhelpline.com

Susu mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium ini berguna untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Kamu juga dapat mengkonsumsi semua produk olahan susu seperti yogurt dan keju.

Gosok gigi minimal 2 kali sehari

Gosok gigi di kamar mandi
brushingyourteeth.com

Gosok gigi baik untuk membersihkan gigi yang telah mengunyah berbagai macam makanan. Lakukan gosok gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur.

 

Ganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali

Sikat gigi di dalam gelas
4freephotos.com

Ganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali dan jauhkan sikat gigi dari toilet. Hal ini untuk menjaga kebersihan alat yang kamu gunakan menggosok gigi.

Konsumsi biji bunga matahari dan biji wijen

Biji bunga matahari
queenofpeaches.com

Biji bunga matahari dapat mencegah bau mulut. Cara ini lebih sehat bagi kesehatan gigi dan mulut daripada kamu menyegarkan mulut dengan permen yang mengandung gula.

Periksa gigi ke dokter gigi 6 bulan sekali

Periksa gigi ke dokter gigi
finazir.com

Ini yang sering kita abaikan. Mulai sekarang, rajinlah periksa gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Jangan malas, hanya 2 kali dalam setahun saja lho! Jangan tunggu gigimu sakit untuk pergi ke dokter gigi.