6 Susunan Tombol Keyboard yang Lazim Digunakan di Seluruh Dunia

Keyboard adalah perangkat input yang biasanya digunakan untuk memasukkan data kedalam sistem operasi komputer. Biasanya keyboard terdiri dari susunan huruf, angka dan juga simbol-simbol. Susunan keyboard yang sering kita tahu dan gunakan adalah jenis QWERTY yang merupakan jenis susunan yang lazimnya kita gunakan. Namun tahukah kamu jika selain QWERTY ada juga susunan tombol keyboard lainnya? Berikut ini adalah susunan tombol keyboard yang pernah ada dan digunakan di dunia:

QWERTY

fakta-fakta-unik-tentang-susunan-tombol-pada-keyboard1
jalantikus.com

Tombol keyboard dengan susunan QWERTY adalah jenis susnan tombol keyboar yang paling banyak digunakan bahkan secara global. Tombol QWERTY di yakini sebagai susunan tombol yang paling memudahkan pengetik untuk mengetik secara cepat dengan mudah. Selain itu pada susunan ini beberapa angka dan simbol juga jelas peletakannya sehingga mudah dihafal. Namun meski begitu susunannya juga berbeda tiap negara yang menggunakannya khususnya negara yang memiliki lebih dari 26 abjad Latin, seperti Belanda, Denmark, Estonia, Finlandia, Islandia, Norwegia, Turki dan juga Vietnam. Susunan alfabetnya; Baris atas: Q W E R T Y U I O P. Baris tengah: A S D F G H J K L. Baris bawah: Z X C V B N M

AZERTY

fakta-fakta-unik-tentang-susunan-tombol-pada-keyboard2
jalantikus.com

Tombol keyboard dengan susunan AZERTY adalah jenis susunan tombol keyboar yang lazimnya digunakan untuk wilayah negara tertentu yang menggunakan abjad latin yang lebih kompleks. Tombol AZERTY sejauh ini digunakan paling umum di negara Belgia, Perancis dan Lithuania. Peletakan susunannya dibuat seperti itu agar mudah dihafal dengan kebiasaan menulis di negara tersebut. Susunan alfabetnya; Baris atas: A Z E R T Y U I O P. Baris tengah: Q S D F G H J K L M. Baris bawah: W X C V B N

QWERTZ

fakta-fakta-unik-tentang-susunan-tombol-pada-keyboard3
jalantikus.com

Tombol keyboard dengan susunan QWERTZ adalah jenis susunan tombol keyboard yang hampir sama dengan QWERTY yang di modifikasi peletakan antara Z dan Y. Tombol QWERTZ paling umum di oleh negara di Eropa tengah dan timur seperti Jerman, Austria, Ceko, Polandia, Hongaria, Slovakia, Swiss, Liechtenstein, Luksemburg, Bosnia, Kroasia dan juga Slovenia. Peletakan susunannya dibuat seperti itu agar mudah dihafal dengan kebiasaan menulis di negara tersebut. Susunan alfabetnya; Baris atas: Q W E R T Z U I O P Ü. Baris tengah: A S D F G H J K L Ö Ä. Baris bawah: Y X C V B N M.

QZERTY

fakta-fakta-unik-tentang-susunan-tombol-pada-keyboard4
jalantikus.com

Tombol keyboard dengan susunan QZERTY adalah jenis susunan tombol keyboard yang sekilas terlintas dipikiranmu seperti hampir sama dengan QWERTY tetapi hanya dipindah W dan Z saja. Kamu salah, tombol QZERTY sangat jauh berbeda susuanannya dengan QWERTY bahkan ada beberapa tombol yang hilang atau tertata dengan jarak yang jauh. QZERTY paling umum di oleh Italia yang selain menggunakan abjad latin juga menggunakan abjad numerik. Susunan alfabetnya; Baris numerik: Ç È À É. Baris atas: Q Z E R T Y U I O P Ì. Baris tengah: A S D F G H J K L M Ù. Baris bawah: W X C V B N Ò.

DVORAK

fakta-fakta-unik-tentang-susunan-tombol-pada-keyboard5
jalantikus.com

Tombol keyboard dengan susunan DVORAK adalah jenis susunan tombol keyboard asil penemuan August Dvorak di tahun 1936. Susunan DVORAK diciptakan untuk penggunaan keyboard pada orang tidak kidal. Jika pada susunan QWERTY lebih banyak penggunaan tangan kiri maka dengan susunan DVORAK penggunaan tangan kanan juga berimbang. DVORAK mengklaim susnan keyboard seperti ini bisa meningkatkan kecepatan ketik karena kanan-kiri bekerja berimbang. Susunan alfabetnya; Baris atas: P Y F G C R L. Baris tengah: A O E U I D H T N S. Baris bawah: Q J K X B M W V Z.

COLEMAK

fakta-fakta-unik-tentang-susunan-tombol-pada-keyboard6
jalantikus.com

Tombol keyboard dengan susunan COLEMAK adalah jenis susunan tombol keyboard konsepnya mirip DVORAK yang memungkinkan penggunaan fungsi tangan kanan dan kiri. Pada susunan COLEMAK adalah pengacakan 17 abjad pada QWERTY dan juga menghilangkan Capslock diganti dengan Backspace sehingga menjadi ada dua tombol Backspace. Susunan alfabetnya; Baris atas: Q W F P G J L U Y. Baris tengah: A R S T D H N E I O. Baris bawah: Z X C V B K M.

Leave a Comment