6 Aktivitas yang Membuat Pagimu Lebih Segar dan Bersemangat

6 Aktivitas yang Membuat Pagimu Lebih Segar dan Bersemangat

Tak sedikit orang yang mengarungi hari-harinya dengan lesu tak bergairah. Hal ini berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan semenjak shubuh hingga terbitnya sinar matahari, karena saat itu adalah saat dimana orang akan menemukan semangat dan kegairahan hidup.

Aktivitas yang perlu dilakukan agar pagimu lebih segar dan bersemangat adalah:

1. Bangun ketika Shubuh
Rutin bangun setiap Shubuh dan melaksanakan shalat Shubuh berjama’ah di masjid, akan membuat dirimu menemukan kesegaran dan kesejukan hati.

2. Bersyukur
Setelah bangun tidur, jangan lupa ucapkan syukur telah diberi kenikmatan hidup oleh Yang MahaKuasa. Bayangkan saat tidur malam harinya, tidak bangun kembali alias meninggal dunia. Bentuk syukur dilakukan dengan membaca do’a usai bangun tidur.

3. Menyucikan diri dan beribadah
Lanjutkan aktivitas dengan menyucikan diri dan shalat Shubuh berjama’ah di masjid bagi laki-laki. Untuk perempuan boleh melakukannya di rumah. Shalat Shubuh adalah kewajiban setiap muslim yang waktunya dibatasi sampai terbitnya matahari.

4. Awali pagi dengan dzikir pagi
Salah satu dzikir di pagi hari yang disunnahkan dibaca adalah “Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyiba, wa ‘amalan mutaqobbala.” (Ya Allah, aku meminta pada-Mu ilmu yg bermanfaat, rizki yang baik dan amalan yg diterima.)

Sebelum kita mengawali aktivitas sehari penuh, kita memohon agar aktivitas kita diridhoi Allahu Ta’ala, sehingga kita selalu bersemangat.

5. Berdiam diri di Masjid hingga terbit matahari
Sebagian orang menyarankan meditasi, tapi perbuatan tersebut sia-sia karena tidak akan mendapatkan pahala. Lebih baik gunakan waktu sesudah Shubuh hingga terbit matahari untuk berdzikir, menuntut ilmu agama, atau membaca Al-Qur’an di masjid. Setelah matahari terbit, lakukan shalat syuruq dua raka’at.

Sudah banyak buku tentang dzikir pagi dan pekan beredar di pasaran, atau bisa baca di tautan ini. https://rumaysho.com/1636-bacaan-dzikir-pagi.html

6. Olah raga
Pulang dari masjid, masih sempat berolah raga ringan sepanjang jalan atau ke Car Free Day di hari Ahad. Olah raga akan memompa energi dan melepaskan hormon serotonin, atau hormon kebahagiaan.

Lakukan secara rutin, niscaya hidupmu akan lebih bahagia.

Leave a Comment