5 Cara Perawatan Bayi Baru Lahir dengan Baik dan Benar

PERAWATAN BAYI – Kelahiran sang buah hati apalagi anak pertama tentunya sangat didambakan bagi para pasangan yang baru menikah atau yang belum mempunyai keturunan. Tentunya akan begitu menyenangkan jika kita bisa merawat dan menjaga sang buah hati kita hingga tumbuh dewasa menjadi manusia yang manfaat. Akan tetapi, bagi pasangan yang baru memiliki anak, pastinya perawatan sang bayi yang baru lahir tentu bisa menjadi masalah jika belum mempunyai ilmunya.

Supaya kamu bisa merawat bayi dengan baik, berikut tips serta cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar yang harus kamu ketahui.

 

Buatlah Bayi Nyaman

merries.co.id
Saat masih dalam kandungan, tentunya bayi memiliki tempat yang sangat nyaman. Namun ketika sudah lahir ke dunia, mereka tentu harus menyesuaikan lagi dengan tempat yang asing bagi mereka. Saat masa adaptasi, adalah hal penting bagi para orang tua harus membuat sang bayi merasa nyaman. Jangan sampai sang bayi merasa tidak nyaman karena ada hal-hal yang membuat bayi merasa terganggu.

Usahakan bayi ditempatkan pada tempat yang aman dan nyaman, serta pantau selalu kondisi bayi itu sendiri. Misal, ketika sang bayi merasa kedinginan, maka berilah minyak atau pelukan untuk menghangatkan badannya. Saat baru lahir tentu bayi juga masih dalam keadaan lemah, tulang dan tubuhnya masih dalam keadaan rapuh, usahakan juga lindungilah bayi dari segala sesuatu yang bisa mengancamnya.

Jadwalkan Perkembangan Bayi


slidesharecdn.com
Buatlah jadwal yang teratur untuk melihat perkembangan sang bayi, misal kapan dia tidur, kapan dia makan, kapan dia bermain dan sebagainya. Penting bagi para orang tua membuat jadwal ini agar bisa terpantau perkembangan sang bayi. Selain itu, orang tua juga bisa mendesain perkembangan sang bayi agar selalu terjaga kesehatannya dan bisa tumbuh berkembang dengan optimal. Sehingga ketika mulai menginjak dewasa nanti sang bayi menjadi pribadi yang hebat, kuat dan kaya akan manfaat untuk umat.

Tidurlah Berbarengan Bersama Bayi

yatiyue.blogspot.com

Saat bayi tidur, maka ikut tidurlah bersama dia dan usahakan agar selalu disampingnya, lebih baik lagi jika sang ibu memeluknya. Ketika para orang tua apalagi seorang ibu tidur berbarengan bersama bayinya, maka hal itu akan mencegah depresi postparfum serta gangguan kimia yang ada pada otak bayi. Selain itu hal ini juga bermanfaat karena bisa membuat bayi nyaman. Bayi yang sering dipeluk oleh orang tuanya terbukti saat dewasa kelak menjadi pribadi yang punya pendirian kuat.

Sering Bertanya kepada yang Sudah Berpengalaman

emkaland.blogspot.com
Cara ini sangat cocok buat para pasangan yang baru pertama kali mempunyai buah hati. Tanyakanlah apa-apa yang belum kamu ketahui perihal cara merawat bayi kepada orang yang sudah berpengalaman. Selain dengan bertanya kamu juga bisa membaca tips-tips serta cara merawat bayi yang kini sudah banyak beredar di Internet, salah satunya artikel yang sedang kamu baca ini. Kamu bisa juga membeli buku atau ikut pelatihan parenting yang sudah banyak beredar di sekitar kita. Intinya kamu harus aktif bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman, agar kesalahan yang pernah mereka perbuat tidak terulang lagi oleh kamu tentunya.

Berikanlah ASI Ekslusif

keboninformasi.blogspot.com

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi, banyak sekali manfaat yang terkandung dalam ASI ini. Untuk bayi yang baru berumur 0-6 bulan alangkah baiknya sang ibu selalu memberikan ASI ekslusif, lebih baik lagi jika bisa bertahan sampai sang bayi berumur 2 tahun. Hal ini bertujuan untuk selalu menjaga daya tahan tubuhnya. Karena dalam ASI terdapat anti virus yang terbukti bisa membunuh para kuman dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Selain itu, ASI juga merupakan fitrah seorang ibu agar memaksimalkan anugerah yang telah Tuhan berikan padanya.

Saat bulan-bulan pertama, karena merasa lapar maka bayi akan sering menangis. Sehingga solusi yang tepat untuk menghentikan tangisannya adalah dengan memberikan ASI. Ketika masih di dalam kandungan, seorang bayi mendapatkan asupan makanan yang tiada henti melalui plasenta. Oleh sebab itu dia tidak pernah merasa lapar. Untuk memperhatikan pola makannya, seorang ibu harus memberikan asupan makanan berupa ASI pada pagi, siang, sore dan malam hari. Intinya sang bayi harus terus terjaga asupan ASInya di bulan-bulan pertama kelahirannya.

Gunakan Pakaian yang Sesuai

keperluanbayibarulahir.wordpress.com
keperluanbayibarulahir.wordpress.com

Bayi yang baru lahir tidak boleh dibedong seharian. Saat udara panas, coba cek bagian belakang lehernya. Jika terasa panas dan lembab berarti bayi sedang mengalami kegerahan. Jika hal ini terjadi segera ganti pakaiannya dengan yang lebih tipis dan berbahan alam. Contoh bahannya adalah katun yang mampu menyerap keringat, mudah disetrika dan gampang dicuci. Bila ingin berpergian, maka kenakan kaos kaki, sepatu, mantel dan topi agar bayi tidak mudah masuk angin.

Gunakan Kosmetik Bayi yang Sesuai

duniasestyferica.blogspot.com
duniasestyferica.blogspot.com

Beragam produk perawatan bayi kini sangat mudah dijumpai, seperti baby cream, baby powder, baby oil, baby shampoo, baby bath, baby cologne, baby lotion, hair lotion, dan sebagainya. Sebenarnya tidak semua produk itu dibutuhkan oleh bayi. Alangkah baiknya para orang tua memilih produk yang sudah diuji secara klinis. Apabila pemakaian kosmetik tersebut malah menimbulkan bercak merah dikulitnya, maka segera hentikan. Karena kondisi tersebut adalah pertanda kalau produk itu menyebabkan alergi dan tidak cocok pada kulit bayi.

Kegiatan yang Dibenci Bayi

sinichinet.blogspot.com
sinichinet.blogspot.com

Pada umumnya seorang bayi tidak suka mandi, keramas, acara lepas-pakai baju, diberi obat tetes hidung, obat tetes mata dan sebagainya. Jika tak diperhatikan hal semcam ini dan masih melakukannya, bisa-mungkin dia bisa mengamuk. Jalan keluarnya, lakukan kegiatan ini dengan cepat dan segera namun harus tetap hati-hati. Jika mulai rewel dan mengamuk, alihkan segera perhatiannya dengan mengajaknya berbicara, memberikan ciuman dan pelukan.

Mengenali Penyakit yang Kerap Menyerang Bayi

ibubayibalita.com
ibubayibalita.com

Demam setelah imunasi, infeksi mata, hidung tersumbat, lidah berjamur, ruang popok dan masih banyak yang lainnya adalah penyakit-penyakit yang sering diderita oleh seorang bayi. Oleh karena itu, sudah seharusnya jika sudah menjadi seorang bunda atau ayah harus bisa mengenali penyakit-penyakit itu dan juga cara yang tepat untuk mengatasinya.

Mainan Bayi

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Fungsi mainan bukan hanya menghibur namun juga mengenalkan bayi pada berbagai bentuk serta melatih otot matanya agar bisa lebih fokus. Oleh karena itu, pilihlah mainan dengan warna-warna cerah. Mainan berbunyi dan bergerak yang digantung di tempat tidur akan merangsang indra pendengaran dan penglihatan bayi.

Rattle yakni mainin genggam yang akan berbunyi jika digoyang, Beruang Teddy yang lembut juga menyenangkan saat bayi merabanya, adalah salah satu contoh mainan yang menghibur sekaligus bisa merangsang indra pendengaran dan penglihatannya. Selain itu, bayi juga ternyata sangat terhibur lho ketika melihat bayangannya ditembok, pantulan dirinya di cermin serta  air hujan. Namun tentu saja, tidak ada yang lebih menggembirakan bagi seorang bayi ketika dia bisa bermain bersama ayah dan ibunya.

Demikian tips bagaiaman cara melakukan perawatan kepada bayi yang baru lahir. Semoga bermanfaat.

  • ayah dan bunda yg sedang persiapan lahiran baby nya, kami menyediakan baju bayi, perlegkapan ibu, popok, gendongan, mainan bayi dll
    stok lengkap dan update

    http://adekbayi.com