monas yang ramai

16 Gambar Nyentrik Kota Jakarta dari Berbagai Penjuru

Jadi, Jakarta itu menyimpan banyak kisah. Selalu meninggalkan kesan bagi mereka yang pernah tinggal atau sekedar berkunjung ke sana. Baik positif maupun negatifnya.

Buat kamu yang sudah lama tinggal, mungkin juga sudah jenuh dengan berbagai hiruk-pikuk di sana. Tapi barangkali kamu belum pernah melihat Jakarta dari sudut pandang seperti yang mau kita bahas kali ini. Selamat menikmati cerita Jakarta dari balik lensa.

Jakarta di Malam Hari

jakarta saat malam
Photo (c) Akazmie

Ya, pemandangan ini bukan di luar negeri seperti di film-film. Ini adalah wajah Jakarta di waktu malam. Lumayan ya.

Tapi sayang, meski gelap, kamu bisa lihat bahwa terjadi kesenjangan sosial yang parah di Jakarta. Di bagian bawah, tampak rumah-rumah kampung yang tidak tertata dan pengap.

Sholat Ied di Tanjung Priok

sholat ied di pelabuhan tanjung priok
(c) Andi Prakoso

Mungkin beberapa di antara kamu juga pernah sholat di pelabuhan satu ini. Pelabuhan yang punya sejarah khusus bagi Indonesia.

Pasar di Kebayoran Lama

kebayoran lama punya pasar pagi
Photo (c) Kangman

Dari malam sampai pagi pasar ini buka. Kalau kamu lewat sekitar sini di waktu-waktu dini hari, akan menjumpai mereka penuh sepanjang jalan.

Muara di Sunda Kalapa

muara sunda kalapa
(c) Opera Hidup Photography

Ini adalah gambar salah satu sudut di muara Sunda Kalapa.Sunda Kalapa merupakan nama awal dari Kota Jakarta sebelum tahun 1527. Tapi sekarang Sunda Kalapa hanya sebuah pelabuhan yang terlihat sangat tidak terawat dan kumuh.

Kerak Telok yang Khas

resep kerak telor
Photo (c) Syahrul Ramadan

Kerak Telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.Pernah makan Kerak Telor?

Kota Tua di Waktu Malam

kota tua jakarta
Photo (c) OnVee1

Suasana Kota Tua di malam hari. Sepi dan sunyi. Seperti pemandangan dalam film-film horor ya. Ada yang pernah berkunjung ke tepat ini? Kenangan apa yang paling membekas?

Pedagang di Monas

monas yang ramai
Photo (c) Ferdinandus

Gambar salah satu sudut monas diatas menunjukan kehidupan rakyat kecil yang sedang mencari nafkah di tengah pelataran Monas.

Transjakarta

bus transjakarta
Photo (c) Gilang

Di awal-awal peluncurannya, Transjakarta menjadi salah satu favorit kendaraan umum bagi masyarakat Jakarta. Tapi seiring berjalannya waktu muncul masalah-masalah. Mulai dari Bus yang terbakar, berkarat, dan pengelolaannya yang kacau.

Penampakan Sudirman

jalan sudirman di jakarta
Photo (c) nocoastpunk.deviantart.com

Gambar yang menampilkan kawasan Sudirman. Mungkin kamu belum pernah melihat Sudirman dari ketinggian seperti ini.

Salah Satu DIPO di Jakarta

Photo (c) nooreva.deviantart.com
Photo (c) nooreva.deviantart.com

Pemandangan dari atas. Salah satu DIPO Jakarta Kota. DIPO ini terletak di arah ruas rel KA menuju Tangerang dan Bekasi atau ke Stasiun Kampung Bandan.

DIPO yang dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda tahun 1900 ini memiliki kode JAKK. DIPO ini memiliki 11 jalur rel dan mampu menampung 161 gerbong kereta. DIPO ini merupakan tempat perawatan KA jarak jauh.

Kereta yang dirawat DIPO ini umumnya adalah KA ekonomi jarak jauh, seperti KA Tegal Arum, KA Serayu, dan KA-KA tamu seperti KA Kutojaya selatan dan utaraDIPO lokomotif adalah tempat menyimpan, menyiapkan, melakukan pemeriksaan, memelihara, dan perbaikan ringan agar lokomotif siap untuk melakukan tugasnya menarik rangkaian kereta api.

Untuk melakukan semua kegiatan itu, DIPO dilengkapi dengan bangunan, jalan rel khusus untuk pemeliharaan dan pencucian, gudang persediaan suku cadang atau komponen, fasilitas pendukung, dan pegawai pengelola DIPO.

Bundaran HI Malam Hari

Photo (c) dhikagraph.deviantart.com
Photo (c) dhikagraph.deviantart.com

Kalau dalam dunia fotografi, ini istilahnya Slow Shutter, merendahkan Shutter Speed untuk menangkap bayangan cahaya. Hasilnya jadi seperti gambar di atas.Dengan teknik ini, penampilan bundaran HI jadi semakin cantik.

Kota Tua

kota tua jakarta
Photo (c) funnyillusion.deviantart.com

Kalau sebelumnya ada Kota Tua di malam hari, ini pemandangan Kota Tua di siang hari.

Monas Jelang Petang

Photo (c) Aiyoshi
Photo (c) Aiyoshi

Wajah Jakarta menjelang petang. Tampak Monas di kejauhan. Foto ini diambil dari atap gedung Bank Indonesia.

Bajaj Biru

Photo (c) Sajuangon
Photo (c) Sajuangon

Bajaj itu bagian dari sejarah Jakarta lho. Tapi zaman sudah berubah, sepertinya hanya tinggal menunggu waktu sampai bajaj tinggal kenangan.

China Town

(c) REUTERS / Enny Nuraheni
(c) REUTERS / Enny Nuraheni

Tampak seorang laki-laki sedang menyalakan lilin raksasa di Vihara di Chinatown menjelang tahun baru Cina pada 26 Januari 2009.

Tempo Doeloe

jakarta di masa lalu tempo dulu
wikipedia.org

Terakhir, foto yang menggambarkan Jakarta di masa lalu. Foto ini diambil dari puncak Monas pada tahun 1970-an. Hunting foto Monas Jakarta ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para pengunjung. Tampak Masjid Istiqlal yang masih tahap pembangunan, Katedral Jakarta, dan Lapangan Banteng.

  • menurut pendapat saya akan daerah jakarta yg penuh akan sampah itu,yang pertama kita harus menyadarkan diri kita sendiri akan pentingnya kebersihan itu dengan itu tumbuhlah hati untuk selau mejaga kebersihan itu.