10 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Terjun ke Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling banyak peminatnya. Harus diakui bahwa bisnis kuliner memang tidak ada matinya. Banyak sekali ragam menu yang ditawarkan oleh para pelaku bisnis ini, mulai dari menu tradisional, modern, ataupun menu yang diadopsi dari luar negeri.

Semakin banyak orang yang mengeluti bisnis ini, sehingga menghadirkan banyak pilihan bagi pelanggan. Tapi tidak banyak orang yang bisa bertahan dalam bisnis ini, hanya orang-orang yang bekerja keras dan kreatif yang dapat bertahan. Bagi kamu yang mau terjun ke bisnis kuliner sebaiknya mengetahui hal ini.

 

Jenis Makanan

Kuasai Menu Makanan
healthyfastfood.biz

Pilihlah jenis makanan yang telah kamu ketahui resep dan cara pembuatanya. Mulai dari yang biasa sampai yang paling susah. Seperti jika kamu ingin membuat makanan khas Jawa maka buatlah menu makanan jawa yang paling nikmat.

Keunikan Menu

Membuat Menu Yang Unik
culinary-artesans.blogspot.com

Jika kamu membuka resto atau usaha kuliner yang memilki banyak pesaing di derah tersebut, maka kamu harus menciptakan beberapa variasi dari menu resto kamu.

Misalnya jika pesaing kamu membuat menu masakan ayam betutu, usahakan kamu membuat menu yang beda. Kalaupun menunya sama-sama dari ayam, kamu dapat membuat menu yang hampir misal ayam ketawa.

Sikap Terhadap Pelanggan

Berikan Pelayanan Yang Baik
hotelfenyves.hu

Bersifat ramah terhadap pelanggan merupakan hal yang sangat diwajibkan dalam bisnis ini, jika pelanggan kamu sudah betah dan nyaman dan merasa puas kemungkinan besar dia akan kembali lagi dengan membawa teman-temanya.

Dan hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai membuat pelanggan kamu menunggu terlalu lama tanpa ada pelayanan. Jika kamu mempunyai karyawan maka, usahakan semua karyawan kamu bersikap ramah pada setiap pelanggan yang datang.

Permintaan Pelanggan

Dengarkanlah Permintaan Pelanggan
magicunica.com

Perhatikanlah permintaan pelanggan saat memesan menu, karena setiap pelanggan memiliki selera yang berbeda. Jangan sampai apa yang dipesan pelanggan diabaikan.

Misal ada pelanggan yang memesan bakso tapi tidak memakai sambal, lalu kamu membuatkan bakso dengan sambal yang banyak. Hal seperti ini akan berdampak buruk pada usaha kuliner yang kamu rintis.

Kebersihan Tempat Usaha

Jagalah Kebersihan Tempat Usaha
www.jjcarpetcleaning.co.uk

Selain menu yang enak, kebersihan adalah faktor yang paling penting dalam usaha kuliner. Dengan menjaga kebersihan tempat usaha, pelanggan akan merasa nyaman saat makan, karena tempat kita jauh dari hal-hal kotor seperti lalat dan sampah.

Jam Operasional

Tentukan Jam Operasional
7-themes.com

Buatlah jam operasional yang tetap agar pelanggan anda mudah untuk mengetahui kapan resto kamu buka dan tutup.

Harga

Tentukan Harga
www.bls.gov

Saat memulai usaha perhatikanlah harga jual di daerah sekitar tempat usaha kamu.Berikanlah harga yang menarik agar kamu mendapatkan pelanggan dan berikalah kualitas yang baik. Pada dasarnya orang tidak akan merasa keberatan bila kita memberikan harga yang tinggi pada produk yang kita jual. Asalkan sesuai dengan pelayanan yang diberikan kepada mereka.

Karyawan

Pegawai Resto
sweetchristinesglutenfree.com

Jika kamu sudah memiliki karyawan berikanlah reward dan punishment untuk kinerja mereka. Buatlah management yang baik agar karyawan kamu betah bekerja. Tempatkanlah karyawan sesuai dengan skill dan keahlian masing-masing. Dengan begitu akan meningkatkan kinerja mereka.

Lokasi

Pilihlah Lokasi Usaha Yang Strategis
thechurchofomaha.com

Lokasi sangat penting untuk membuka usaha, pilihlah lokasi yang strategis dan banyak dilewati oleh calon pelanggan. Hal itu akan mempermudah kita dalam melakukan promosi.

Promosi

Gunakan Media Yang Tepat
blog.getperx.com

Dalam melakukan promosi, pilihlah media yang tepat untuk mempromosikan produk kamu. Gunakan sosial media, yang telah terbukti berhasil meningkatkan penjualan.

Tinggalkan komentar