Foto Air Terjun

10 Fenomena Keajaiban Alam di Berbagai Negara

Banyak fenomena keajaiban alam yang sebagian sulit dipahami oleh akal manusia. Fenomena-fenomena tersebut sebagian  masih misteri dan belum dapat dipecahkan. Disisi lain, fenomena-fenomena tersebut terlihat sangat menarik dan menakjubkan. Berikut ini merupakan beberapa fenomena alam yang masih misteri dan membuatmu tercengang saat melihatnya.

 

Sungai di Dasar Laut

Foto Conote Angelita
mgi.esdm.go.id

Sungai di dasar laut atau biasa dikenal dengan Conote Angelita adalah sebuah gua di tengah hutan Meksiko yang terdapat air di dalamnya dan terhubung dengan laut. Jika kita menyelam sampai kedalaman 30 meter, maka airnya tawar. Namun, jika kita menyelam sampai kedalaman lebih dari 60 meter, maka airnya menjadi asin. Pada kedalaman tersebut, kita bisa melihat sungai di dasarnya. Selain itu, kedua jenis air tersebut tidak bisa tercampur.

Air Terjun Malaikat

Foto Air Terjun Malaikat
lusyteo.blogspot.com

Angel Falls atau biasa di sebut juga air terjun malaikat merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 979 meter. Air terjun yang terletak di lereng Pegunungan Tepuy, Venezuela ini mendapatkan gelar sebagai air terjun tertinggi di dunia.

Glasier Briksdal

Foto Glasier Briksdal
cruisemeet.co.uk

Glasier Briksdal merupakan air sungai yang membeku. Tempat ini terletak di sekitar 650 Km dari kawasan utara Eropa. Glasier Briksdan merupakan bagian dari Taman Nasional Jostedalsbreen, Norwegia. Sebagain besar wilayahnya masuk dalam negara Norwegia dan Kutub Utara.

Lubang Biru Raksasa di Laut

Foto The Great Blue Hole
chabilmarvillas.com

Lubang biru raksasa di laut sebenarnya sebuah gua di dalam laut. Lubang biru yang diberi nama The Great Blue Hole ini sangat berbeda dengan gua di darat. Biasanya, gua di darat memiliki bentuk horisontal. Sedangkan , gua di dalam air ini memiliki bentuk vertikal. Gua ini dapat dilihat secara jelas dari kejauhan karena terdapat perbedaan warna air yang sangat menonjol. Warna air di gua ini lebih gelap dibandingkan sekitarnya.

Api Abadi

Foto Kayangan Api
bojonegorokab.co.id

Api abadi atau dinamakan sebagai Kayangan Api merupakan sumber api yang tidak pernah padam. Kayangan Api ini terletak di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Kayangan Api merupakan fenomena alam yang terjadi karena keluarnya gas alam dari tanah yang tersulut api sehingga apinya tidak akan padam meskipun diguyur hujan.

Petir Abadi

Gambar Petir Abadi
jelajahunik.blogspot.com

Relambago del Catatumbo atau disebut petir Catatumbo merupakan petir yang terjadi muara sungai Catatumbo di Danau Maracaibo, Venezuela. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara petir yang terjadi di sungai Catatumbo dengan petir lainnya. Namun,  yang membedakan dari fenomena alam ini adalah petir ini selalu terjadi sebanyak 140-160 malam setiap tahunnya. Oleh karena itu, petir ini dijuluki sebagai petir abadi.

Danau Biru di Gua

Foto Blue Lake Cave
giricahyapangestu.blogspot.com

Tempat ini tidak kalah menarik dari yang lainnya. Sebuah danau yang memiliki air biru ini berada di dalam gua di wilayah Bonito, Brazil. Danau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Kamu akan tercengang melihat danau ini. Mulai dari airnya, batunya yang terbuat dari stalakmid dan stalaktit, semuanya terlihat sangat indah.

Gunung Roraima

Foto Gunung Roraima
griyawisata.com

Gunung Roraima merupakan gunung yang mempunyai puncak yang datar. Gunung ini termasuk dalam gunung tertinggi dengan ketinggian sekitar 2.772 meter atau 9094 feet. Gunung ini terletak di perbatasan Guyana. Sebenarnya, gunung ini menjadi titik perbatasan tiga negara, yaitu negara Venezuela, Brazil, dan Guyana.

Antelope Canyon

Foto Antelope Canyon
enjoyourholiday.com

Ngarai Antelope atau dalam bahasa Inggris nya dinamakan Antelope Canyon adalah ngarai yang terbentuk dari erosi Batuan Pasir Navajo. Hal yang menyebabkan erosi adalah banjir bandang dan proses sub-aerial. Selain itu, air hujan juga mempercepat terjadinya erosi ini. Antelope Canyon ini terletak di Page, Coconino Country, Arizona, Amirika Serikat.

Air Terjun Niagara

Foto Air Terjun Niagara
wowkeren.com

Air Terjun Niagara merupakan salah satu kejaiban di dunia. Air terjun ini terkenal dengan keindahannya, khususnya pelangi yang tampak di tengah-tengah air terjun. Meskipun, air terjun ini tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar. Setiap menitnya air terjun ini menjatuhkan lebih dari enam juta kaki kubik air. Air terjun ini terletak di garis Internasional antara negara bagian Amerika dengan provinsi Kanada Ontario.

Leave a Comment